PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Serealia

PPID Utama

Field Trip Pemuliaan Tanaman di BSIP Serealia




 Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Muslim Maros melakukan kunjungan lapang ke BPSI Tanaman Serealia pada Selasa, 9 Juli 2024. Kabalai Amin secara langsung menerima kunjungan dalam rangka praktikum Mata Kuliah Pemuliaan Tanaman dan Perancangan Percobaan tersebut didampingi Tim Kerja PEPH.

“Pemuliaan tanaman itu ibaratkan ilmu dan seni. Sebagai seni, proses kreatif dari pemulia dalam mengubah sifat-sifat tanaman untuk menghasilkan karakteristik yang diinginkan yang lebih baik dan unggul. Sebagai ilmu, pemulia memiliki pemahaman dalam mengetahui sifat dan struktur tanaman baik dari pola pewarisan, pola penyerbukan sehingga desain program pemuliaan menjadi lebih terarah dan terprogram dengan baik,” ujar Kabalai Amin saat membuka kegiatan kunjungan lapang.

Saat melakukan kunjungan lapang, mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang beberapa metode persilangan seperti Selection Breeding, Divergent Breeding (single cross, double cross, three way cross), dan Covergent Breeding. Serta beberapa metode penyerbukan seperti Selfing, Sibling, dan Crossing. Materi dan demonstrasi terkait metode persilangan dan penyerbukan disampaikan oleh Hasbullah (Teknisi BSIP Serealia).

__________

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut "Klik di sini".

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln. Dr.Ratulangi No.274 Maros, Sulawesi Selatan

Hubungi:

HP & WA: 081122225808
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset