PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Serealia

PPID Utama

Pengembangan Sorgum dari Hulu ke Hilir hingga Market




 <!-- x-tinymce/html -->

Sorgum merupakan komoditas serealia yang memiliki prospek pengembangan besar dalam mendukung diversifikasi pangan, bioenergi, dan pakan. Biji sorgum memiliki kandungan gizi yang tinggi serta dapat diolah menjadi berbagai produk seperti beras gluten free dan low glikemik, etanol/alkohol dengan kualitas tinggi, serta tepung.

Tak hanya itu batang sorgum manis mampu menghasilkan nira dengan brix tinggi, sehingga dapat diolah menjadi produk turunan seperti etanol, gula coklat/gula semut, gula kristal, dan kecap. Sementara itu sorgum pangan memiliki hasil samping yang dapat dimanfaatkan sebagai hijaun pakan ternak dengan biomassa tinggi maupun silase untuk pakan jangka panjang.

Melihat potensi pengembangan yang begitu luas serta guna mendukung ketersediaan benih yang berkelanjutan, salah satu private sektor benih mencoba mempelajari teknis budi daya, sistem perbenihan, serta pelepasan varietas sorgum di Indonesia melalui pelatihan. Kepala Balai Amin Nur sebagai narasumber pada pelatihan tersebut memberikan pengetahuan teknis kepada Tim Research and Development serta petani binaan private sektor.

Semoga dengan pengetahuan yang didapatkan dan keterampilan yang dimiliki, private sektor tersebut dapat membuat perencanaan (roadmap) pengembangan sorgum yang lebih luas.

__________

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut "Klik di sini".

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln. Dr.Ratulangi No.274 Maros, Sulawesi Selatan

Hubungi:

HP & WA: 081122225808
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset