PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Serealia

PPID Utama

Kepala BSIP Serealia Hadiri Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Pangan




Pelepasan varietas tanaman merupakan syarat mutlak yang wajib dipenuhi dalam sistem perbenihan (termasuk komersialisasi benih) secara legal di Indonesia. Agar dapat diedarkan secara resmi calon varietas wajib melalui beberapa tahapan dan prosedur.

Prosedur pelepasan varietas tanaman pangan melalui pendaftaran, uji multilokasi (jagung minimal 8 lokasi) dan pengujian penyakit utama. Data hasil uji multilokasi selanjutnya dihimpun dan dianalisis sesuai panduan yang berlaku serta disusun dalam bentuk proposal. Proposal diajukan dalam sidang pelepasan varietas tanaman pangan. Kepala BPSI Tanaman Serealia - Amin Nur, sebagai salah satu anggota TPVTP (Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan) ikut melaksanakan Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Pangan yang dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, pada 16 - 18 Juli 2024.

Sidang Evaluasi dan Penilaian Calon Varietas Tanaman Pangan yang diselenggarakan oleh Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan tersebut, diikuti oleh beberapa mitra pengusul diantaranya perusahaan multinasional, produsen nasional, serta pemerintah daerah yaitu Kabupaten Kampar yang berkolaborasi dengan BPSIP Riau. Semoga dengan terselenggarannya kegiatan tersebut, dapat membantu peningkatan produksi tanaman pangan di tingkat petani khususnya padi dan jagung.

__________

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikutĀ "Klik di sini".

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln. Dr.Ratulangi No.274 Maros, Sulawesi Selatan

Hubungi:

HP & WA: 081122225808
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset